Senin, 04 Februari 2019

Makna Penting Dibalik Sebuah Resolusi

Dream Chaser - Hai Sobat DC, dihari ini penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT. karena di hari ini, penulis diberi "kesempatan" dan "kemauan" lagi oleh-Nya untuk bisa kembali berbagi dengan sobat - sobat Dream Chaser. Nah, setelah sekian lama gak aktif dalam dunia tulis menulis, kali ini penulis pengen berbagi sesuatu mengenai "Resolusi" nih. yah, memang sebuah bahasan yang menurut penulis sendiri cukup berat, apalagi dibuat setelah sekian lama gak pernah menulis :-D. Tapi penulis merasa Resolusi itu hal yang cukup menarik, apalagi di fase - fase awal tahun seperti ini. ya ga sih? hehehe.

Makna Penting Dibalik Resolusi

Mungkin, beberapa sahabat Dream Chaser disini masih asing dengan kata "Resolusi". Sebenernya apa sih resolusi itu? Setelah menilik dari KBBI, doi bilang kalau resolusi adalah: "putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan, atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang)." gimana, udah faham mengenai apa itu resolusi?, kalau belum, berarti sahabat DC sama kayak penulis, hehehe. Tapi penulis juga gak mau ambil pusing sih :-D, yang pasti menurut penulis, resolusi itu keputusan dan kebulatan tekad kita mengenai sesuatu yang ingin kita capai. Contohnya nih; suatu saat penulis pingin punya yayasan untuk membantu temen - temen kita yang kesusahan dalam Mendapatkan pendidikan yang layak (Aamiin). Nah, resolusi tuh kayak gitu temen - temen. Terus, kenapa kita harus membuat resolusi? Untuk menjawab itu, mungkin penulis pingin menanyakan kembali kepada sobat Dream Chaser. Apakah sobat punya mimpi, cita - cita, atau bahkan tujuan hidup? Sudah pasti punya dong, karena tentu setiap orang pasti memilikinya. Sebenernya nih, hal - hal kayak mimpi, cita - cita, atau tujuan hidup itu merupakan resolusi juga loh, hanya saja kita secara umum menyebutnya dengan sebutan itu, bukan resolusi. Jadi, tidak ada yang mengatakan kalau resolusi itu sesuatu yang harus kita miliki, karena pada hakikatnya, setiap orang itu sudah memiliki resolusi jauh dalam lubuk hatinya.

Lantas, cukupkah kita dengan hanya memiliki sebuah resolusi?? cukupkah kita jika hanya bilang "aku ingin punya yayasan", tentunya enggak dong. Dan inilah yang akan menjadi concern kita kali ini. Banyak sekali orang membuat atau menuliskan resolusi-resolusi mereka. Tapi, setelah semua itu tertulis, lantas apa?? Allah berfirman bahwa Allah tidak akan pernah mengubah suatu kaum bila bukan kaum itu sendiri yang merubahnya. Artinya kita tidak cukup hanya memikirkan apa sih impian kita, apa sih tujuan kita, apa sih resolusi kita. Yang perlu kita fikirkan itu, bagaimana sih kita mewujudkan itu semua. Penulis disini nggak bilang kalau menorehkan resolusi kita dalam sebuah tulisan itu hal yang salah, itu udah bener kok, namun penulis merasa, itu masih kurang.

Penulis sendiri sudah mencoba menuliskan resolusi penulis sejak tiga tahun yang lalu, penulis tidak memungkiri bahwa ada perbedaan ketika penulis sama sekali tidak menuliskan target - target tersebut dengan ketika penulis hanya mengawang-awang saja. Namun, percaya atau tidak, setiap resolusi tahunan yang penulis buat tidak pernah tercapai lebih dari setengahnya. Kenapa yah kira-kira? hmmm. Penulis merasa hal ini terjadi karena penulis tidak pernah memikirkan dengan matang bagaimana penulis akan mencapai resolusi tersebut, jadi ya tetep aja, mindset penulis masih "Let it flow" hehehe. Sahabat Dream Chaser ada yang seperti itu?

Penulis pernah membaca buku yang berisi: "Mimpi itu berisi tentang sesuatu yang ingin kita capai atau miliki, sedangkan cita - cita itu berisi tentang langkah yang kita perlu lakukan untuk menggapai mimpi". Cukup??? Penulis rasa, belum. Bagi penulis, ada sesuatu yang kurang dari kutipan di atas, apa tuh? "Deadline". Ketika Sahabat DC bicara mengenai hal yang harus dilakukan, maka salahkah kita kalau kita melakukannya besok, minggu depan, bulan depan, atau bahkan tahun depan? jawabannya "tidak salah". Karena kita tidak terikat dengan waktu kapan kita harus melangkah untuk mencapai tuh mimpi. Bener gak? Oleh karena itu lah, Deadline juga merupakan hal penting dalam menyusun resolusi setelah kita menentukan langkah-langkah pencapaiannya.

So, bagi penulis, "Makna sesungguhnya dibalik sebuah resolusi bukanlah mengenai apa yang ingin kita capai, melainkan bagaimana dan kapan kita akan melangkah untuk mencapai apa yang kita inginkan". Setelah temen-temen sobat DC membaca tulisan ini, apakah ada yang tergugah untuk membuat resolusinya? kalau iya, Alhamdulillah :-), kenapa? karena meskipun Allah adalah sebaik-balik pembuat rencana, namun kita sebagai hamba juga punya kesempatan untuk mencoba rencana kita sendiri kan :-).

Desain Resolusi

Nah, sekarang buat sobat DC yang pingin mencoba untuk membuat resolusinya, bisa mulai dengan nulisin apa aja yang sobat pingin capai, baik itu resolusi hidup, atau resolusi tahunan sobat. Habis itu, sobat cobak breakdown tiap resolusi yang sobat tulis, gimana sih cara sobat DC buat mencapai atau dapetin resolusi itu, tapi sekali lagi, jangan lupa untuk memberi deadline pada setiap langkah yang sudah sobat bikin yak.

Untuk sahabat Dream Chaser yang ingin berdiskusi atau sharing lebih lanjut mengenai resolusi atau gimana cara membuatnya, bisa langsung kontak penulis kok, penulis sangat terbuka dengan sharing yang bermanfaat :-)

0 komentar

Posting Komentar