Senin, 31 Juli 2017

Asgardia, Negara Pertama Di Luar Angkasa

York Town
York Town. Sumber: Start Trek Movie

Dream Chaser – Hai shabat DC, mungkin beberapa dari shabat DC akhir – akhir ini pernah mendengar kata “Asgardia”. Apasih sebenarnya Asgardia itu, kok sekarang lagi marak pembicaraan mengenai Asgardia.

Asgardia merupakan sebuah nama Project sekaligus calon nama negara. (wah makin penuh dong bumi ini kalua ada negara baru?) Eits, sahabat DC jangan salah paham dulu. Calon negara Asgardia ini tidak akan memakan lahan satu meterpun di bumi, hal ini dikarenakan proyek Asgardia ini merupakan proyek pembuatan negara di luar angkasa. (Lah, bagaimana ceritanya ada negara di luar angkasa?) Kalua sahabat DC pernah menonton film “Star Trek” dimana dalam film tersebut terdapat sebuah stasiun luar angkasa yang sangat besar yang dijadikan sebagai tempat tinggal dari berbagai macam ras alien di jagad raya, termasuk manusia. Nah, Mungkin itu adalah gambaran dari negara Asgardia ini, hanya saja cuman diperuntukan untuk manusia bumi.

Pimpinan proyek Asgardia ini mengatakan bahwa nantinya Asgardia akan menjadi sebuah negara yang mampu menampung 150juta penduduk bumi yang ingin menjadi warga negara Asgardia. (Wah, mungkin itu cuman khayalan semata), eits sahabat DC juga perlu tau, bahwa satelit pertama dari negara Asgardia ini akan diluncurkan pada tahun ini loh, iya, tahun 2017.

Konsep Asgardia
Konsep Asgardia. Sumber: asgardia.space

Dari semua informasi itu, hal yang paling menarik perhatian umum adalah pimpinan proyek Asgardia, Igor Ashurbeyli yang merupakan ilmuwan asal Rusia ini mengumumkan bahwa orang – orang bumi sudah dapat mengajukan diri sebegai salah satu dari 100.000 warga pertama Asgardia ini melalui situs web resmi Asgardia di http://asgardia.space  dan kabar bahagianya lagi nih, pihak Asgardia tidak akan menarik uang sepeserpun dari masyarakat yang ingin bergabung menjadi warga negara Asgardia ini loh, gimana? Tertarik kah? Lumayan kan, bisa dapat gratisan kesempatan

Pada saat konfrensi pers di Paris pada 12 Oktober 2016, jumlah penduduk yang sudah terdaftar mencapai angka 84.000 orang meskipun saat ini Asgardia masih belum resmi menjadi sebuah negara. Namun, jika proyek ini berhasil, maka Asgardia akan menjadi negara pertama yang berada di luar angkasa, (Hayoo, sahabat DC tentu tertatik menjadi warga dari negara angkasa pertama ini kan? Ngaku aja, penulis juga kok. Hehehe). Tim proyek Asgardia mengatakan bahwa untuk menjadi sebuah negara, mereka membutuhkan setidaknya puluhan ribu sebagai warga negara agar secara resmi dapat diakui sebagai negara resmi oleh PBB (Persatuan Bangsa – Bangsa) yang ada di Bumi.

Menanggapi adanya suatu ambisi besar dalam ptoyek Asgardia ini, Joanne Irene Gabrynowicz sebagai pakar luar angkasa berpendapat bahwa Asgardia tidak akan semudah itu untuk duakui sebagai sebuah negara. “Di bawah hukum Internasional, ada kriteria khusus untuk suatu entitas untuk diakui sebagai sebuah bangsa. Yakni harus memiliki wilayah dan populasi, dan diakui sebagai bangsa oleh bangsa lain. Hanya menyatakan bahwa bangsa ada itu tidak cukup,” tuturnya. Hal ini juga diperumit dengan adanya traktat yang menegaskan bahwa tidak boleh entitas negara manapun yang bisa mengklaim wilayah di antariksa, sehingga kemungkinan Asgardia akan diakui sebagai negara akan kecil.
York Town
Di Dalam York Town. Sumber: Star Trek Movie

Namun, terlepas dari pembentukan negara di angkasa, Asgardia akan menjadi sebuah batu loncatan yang sangat besar jika ptoyek ini benar – benar berhasil.

Yah, kita doakan saja semoga proyek Asgardia ini bisa membantu manusia lebih sadar akan nikmat Allah yang Maha Besar. Jagad raya itu menakjubkan bukan guys? Kalua iya, tentu sahabat DC sependapat dengan penulis. Ciptaan-Nya saja menakjubkan, apalagi Sang Pencipta. AllahuAkbar.

Sumber : asgardia.space, Info Astronomy, Star Trek Movie

1 komentar:

  1. Thanks for info jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2ATcxRG

    BalasHapus