Rabu, 02 Agustus 2017

Menjadi Pribadi Berpengaruh Untuk Mencapai Tujuan

Menjadi Pribadi Berpengaruh
Menjadi Pribadi Berpengaruh
DreamChaser – Hai Sobat DC, dihari yang gabut baik ini, penulis ingin mencoba berbagi kepada sababat Dream Chaser mengenai sesuatu yang berhubungan dengan relationship between each other. (Wah, sok-sokan banget yah penulis pakai Bahasa inggris segala?) Hehehe, masih belajar kok. Kalau ada salah, mohon dibenarkan yah ðŸ˜ƒ

Pastinya sahabat Dream Chaser sudah tau dong, bahwa untuk mencapai sebuah mimpi, sebuah kesuksesan, bahkan sebuah kebahagiaan itu tidak luput dari orang – orang di sekitar kita. Ya gak sih? Tidak ada satu orangpun di dunia ini yang bisa mendapatkan kebahagiaan tanpa adanya dukungan dari orang lain, bahkan Nabi Muhammad SAW yang merupakan manusia terbaik di dunia, beliau masih membutuhkan bantuan dari para sahabat untuk menyebarluaskan kebaikan, yakni Addinul Islam. Tuuh, sekarang percaya kan, kalau untuk menggapai suatu mimpi membutuhkan bantuan dari orang lain. Tetapi, apakah sahabat Dream Chaser sudah bisa mengajak orang – orang disekeliling kita untuk ikut memabantu dalam mencapai tujuan sahabat Dream Chaser? Mungkin ada yang sudah dan ada yang belum.

Nah, kali ini, penulis ingin berbagi kepada sahabat Dream Chaser, bahwa agar kita bisa mudah untuk mendapatkan dukungan dari orang lain maka kita perlu untuk menjadi pribadi yang berpengaruhBayangkan saja, ketika seorang presiden dengan pengaruh yang sangat besar dengan mudahnya mendapatkan dukungan hanya dengan mengeluarkan beberapa kata saja, namun dengan kata-kata yang sama, apakah seseorang yang biasa – biasa saja dapat mendapatkan dukungan seperti presiden tersebut? Sudah pasti tidak.

Hal pertama yang dibutuhkan untuk menajadi pribadi yang berpengaruh adalah dengan sebuah Integritas. Apa sih integritas itu? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Integritas adalah “mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran;” Namun, sahabat Dream Chaser juga harus tau, bahwa integritas yang dibutuhkan disini bukan cuman integritas yang biasa – biasa saja. Melainkan integritas yang sejati. Terus, bagaimana integritas yang sejati itu? Nah, integritas yang sejati itu memiliki 5 ciri – ciri utama sebagai berikut:

1.     Integritas yang sejati tidak untuk dijual
Integritas yang sejati tidak untuk dijual
Integritas yang sejati tidak untuk dijual
Mungkin sahabat Dream Chaser sudah sering mendengar bahwa pada saat ini, banyak orang yang rela memberikan apapun demi mendapatkan keuntungan pribadi termasuk harga diri dan juga integritas. Seseorang akan menuai sebuah kebermanfaatan dari integritasnya bila hanya integritas tersebut dilakukan secara suka rela, bukan karena kepentingan dan keuntungan sesaat. Contohnya saja, pada seorang calon pejabat yang sedang dalam masa kampanye. Pada masa – masa itu, kita sebagai masayarakat akan sulit membedakan mana calon pejabat yang baik dan mana calon pejabat yang SEDANG baik. Ya gak sih? (Tuh, jadi curhat deh). Pejabat yang memang memiliki integritas sejati, akan tetap mempertahankan integritas sejatinya saat sudah terpilih hingga akhir masa jabatannya, akibatnya, masyarakat akan selalu mendukung pejabat tersebut untuk seterusnya, bahkan bila dia mencalonkan diri lagi, kemungkinan besar dia akan tetap didukung oleh masyarakat kembali. Sedangkan pejabat yang sengaja menjual integritasnya pada masa – masa kampanye dan meninggalkan integritas itu saat sudah terpilih, tentunya masyarakatpun tidak akan terus mendukungnya. Begitupun juga dengan diri kita. Integritas bukanlah hal yang harus kita punyai untuk masa atau keadaan tertentu, karena integrates sejati bukanlah sesuatu yang bisa dijual dalam masa dan keadaan tertentu.

2.     Integritas sejati dimulai dari perbuatan-perbuatan kecil
Integritas Sejati Dimulai Dari Perbuatan Kecil
Integritas Sejati Dimulai Dari Perbuatan Kecil
Sahabat Dream Chaser juga perlu tau nih, bahwa integritas itu bukan hanya diperlukan ketika kita sudah menjadi seorang pemimpin loh, integritas yang sejati tidak harus menunggu menjadi seorang yang hebat. Karena menurut pendapat penulis “Integritas sejati tidak lahir dari orang – orang hebat. Tetapi orang – orang hebatlah yang terlahir dari integritas sejati” (Wiih, penulis kadang – kadang bisa keren juga yak. Hahaha) Untuk itu, jangan menunggu menjadi orang hebat untuk memiliki integritas sejati, tapi milikilah integritas sejati untuk menjadi orang yang hebat.

3.     Integritas sejati dibangun dalam diri anda.
Integritas Sejati Dibangun Dalam Diri
Integritas Sejati Dibangun Dalam Diri
Sahabat Dream Chaser selamanya tidak akan pernah menemukan sebuah integritas sejati, karena integritas sejati memang tidak bisa ditemukan, melainkan dibangun. Yup, bener banget, sumber dari integritas sejati hanya ada di dalam hati kita masing – masing. Loh, kenapa begitu? Iya, karena pembentukan integritas membutuhkan satu syarat utama. Apa itu? “Ikhlas”. Yah, ikhlas. Kita tidak akan pernah bisa memiliki integritas sejati jika kita hanya memikirkan keuntungan. Kita juga tidak akan bisa memiliki integritas sejati jika di dalam hati kita masih ada rasa ingin mendapatkan dukungan atas integritas yang kita beri kepada orang lain. (Loh, tadi katanya untuk mendapatkan dukungan orang lain, kita harus memiliki integritas sejati?) Yup. Namun kita tidak boleh berfikir mencari dukungan dari integritas, tapi kita harus berfikir bahwa dengan integritas, kita akan mendapatkan dukungan. Sahabat Dream Chaser juga harus tau bahwa integritas tidak dibangun dari prestasi, tidak dibangun dari jabatan, tidak dibangun dari suatu keadaan. Melainkan dibangun dari hati yang terdalam.

4.     Integritas sejati sebagai teman terbaik anda
Integritas Sejati Sebagai Teman Terbaik
Integritas Sejati Sebagai Teman Terbaik
Pembentukan integritas sejati membutuhkan keikhlasan sebagai syarat utamanya, sedangkan menurut kepercayaan penulis, segala yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Jadi, ketika kita sudah memiliki integritas sejati dalam diri kita, maka sudah pasti integritas tersebut akan menjadi teman yang baik untuk kita. Teman yang selalu ada untuk kita dalam keadaan apapun, teman yang selalu menjadi pengingat kita, dan teman yang akan membawa teman baik lain kepada kita.

5.     Integritas sejati sebagai teman terbaik dari teman anda
Integritas Sejati Sebagai Teman Terbaik Dari Teman Kita
Integritas Sejati Sebagai Teman Terbaik Dari Teman Kita
Integritas sejati yang anda miliki tidak hanya bermanfaat untuk anda sendiri. Namun akan berdampak baik pula pada teman – teman disekililing anda, dengan integritas yang anda miliki, mereka akan merasa dihargai, mereka akan merasa dibutuhkan, dan mereka akan merasa status mereke penting bagi kalian. Dan perlu sahabat Dream Chaser tau, bahwa ketigal hal tersebut adalah hal pokok yang dibutuhkan manusia loh.


Dari kelima ciri – ciri di atas, mungkin sahabat Dream Share sudah bisa menyimpulkan bahwa untuk dapat menjadi seorang pribadi yang berpengaruh dibutuhkan integritas yang benar – benar sejati, integritas yang terbentuk dari dalam hati. Besar atau kecil bukan lah masalah, karena hati dan keihklasan tidak pernah mengenal kuantitas. Jalan integrasi mungkin bukan jalan termudah, tapi itu satu-satunya jalan yang akan mengantarkan anda ke tempat tujuan. Jadi, mulailah dari sekarang untuk membangun integritas tersebut, karena integritas tidak terbentuk saat kita menjadi hebat. Tapi kita akan menjadi orang yang hebat ketika sudah memiliki integritas sejati.

Sumber: Buku “How to Influence People”

0 komentar

Posting Komentar